Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mahalnya Tarif Parkir di Pantai Kuta Mandalika

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kuta Mandalika, NTB baru-baru ini mengeluhkan mahalnya tarif parkir di sana. Biaya parkir motor mencapai Rp 10 ribu, bus Rp 20 ribu, mobil Rp 15 ribu dan motor Rp 10 ribu. Hal ini membuat wisatawan merasa terbebani dan mempertanyakan kemahalan tarif parkir tersebut. Selain itu, tidak jelas pula kemana uang parkir tersebut masuk.


Tarif parkir
Tarif parkir


Qori Hidayat, salah satu wisatawan yang mengeluhkan tarif parkir tersebut menyatakan bahwa hal ini bisa membuat wisatawan enggan berkunjung ke sana. Ia juga mengatakan bahwa tarif parkir yang mahal tersebut sangat tidak wajar dan tidak masuk akal.


Menurut Ketua Forum Peduli Pariwisata Lombok Tengah, Alus Darmiah, tarif parkir di Pantai Kuta Mandalika diduga ilegal. Sejak libur Lebaran, pengelolaan parkir di sempadan pantai Kuta Mandalika memang semrawut dan beberapa wisatawan juga telah mengeluhkan kondisi tersebut. Alus menyarankan untuk menghubungi Dinas Perhubungan atau Pariwisata Lombok Tengah agar ada tindakan tegas terhadap kemahalan tarif parkir tersebut.


Lokasi parkir di Pantai Kuta Mandalika memang merupakan lahan milik PT ITDC. Namun, jika merujuk kepada karcis parkir yang dikeluarkan, ternyata bukanlah tarif yang dikeluarkan oleh PT ITDC. Hal ini membuat semakin tidak jelas kemana uang parkir tersebut masuk.


Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah, Lendek Jayadi mengaku baru mengetahui kondisi tersebut. Ia akan segera berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk mengecek kebenaran tarif parkir tersebut dan menentukan langkah selanjutnya.


Kondisi ini jelas membutuhkan tindakan yang tegas dan transparan dari pihak yang berwenang. Biaya parkir yang mahal dapat mempengaruhi kenyamanan wisatawan dan memengaruhi citra pariwisata daerah tersebut. Selain itu, pihak yang berwenang juga perlu memastikan bahwa uang parkir tersebut masuk ke rekening yang seharusnya dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.


Sebagai wisatawan, kita juga perlu lebih cerdas dan memperhatikan tarif parkir sebelum memutuskan untuk berkunjung ke suatu tempat. Jangan sampai mahalnya tarif parkir membuat kita merasa terbebani dan tidak nyaman. Dengan begitu, kita bisa menikmati liburan dengan lebih tenang dan nyaman.


Hal ini tentu menjadi perhatian bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Kuta Mandalika di masa yang akan datang. Tarif parkir yang mahal dan diduga ilegal ini bisa merusak citra pariwisata di kawasan tersebut.


Sebagai pengelola destinasi wisata, PT ITDC dan pihak terkait harus memastikan bahwa tarif parkir yang diberlakukan di Pantai Kuta Mandalika sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu, pengelola juga harus memberikan transparansi mengenai penggunaan uang parkir yang terkumpul.


Di sisi lain, para wisatawan juga harus proaktif dalam melaporkan hal-hal yang dianggap merugikan mereka selama berkunjung ke suatu destinasi wisata. Melalui laporan-laporan tersebut, pihak terkait dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki kondisi yang ada.


Kondisi tarif parkir yang diduga ilegal di Pantai Kuta Mandalika ini juga mengingatkan kita pentingnya peran pemerintah dalam mengatur tarif parkir di kawasan-kawasan wisata. Pemerintah harus memastikan bahwa tarif parkir yang diberlakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tidak merugikan wisatawan.


Semoga dengan adanya pemberitaan ini, pihak terkait segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi masalah tarif parkir di Pantai Kuta Mandalika dan meningkatkan kualitas pariwisata di kawasan tersebut.

Nuansa Mandalika
Nuansa Mandalika PT. Nuansa Mandalika adalah media informasi yang berfokus pada pembuatan berita, pariwisata, dan investasi. Nuansa Mandalika berlokasi di Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan telah berdiri sejak tahun 2020.

Posting Komentar untuk "Mahalnya Tarif Parkir di Pantai Kuta Mandalika"